Wednesday 8 March 2017

DINDING GESER (STRUKTUR KONSTRUKSI DAN BAHAN 2)

DINDING GESER






Shear wall atau lebih dikenal dengan istilah dinding geser adalah element struktur berbentuk dinding beton bertulang yang berfungsi untuk menahan gaya geser, gaya lateral akibat gempa bumi atau gaya lainnya pada gedung bertingkat dan bangunan tinggi. Dinding geser ini terdapat berbagai jenis di dalam gedung antara lain bearing wall, frame wall, dan core wall.
Jenis-jenis shear wall adalah sebagai berikut. 
1. Bearing wall
Bearing wall adalah jenis dinding geser yang mempunyai fungsi lain sebagai penahan beban gravitasi. 

2. Frame wall
Frame wall adalah dinding geser yang berfungsi sebagai penahan gaya lateral, geser dan pengaku pada sisi luar bangunan. Dinding ini terletak di antara dua kolom struktur. 

3. Core wall
core wall adalah jenis dinding geser yang terletak di pusat-pusat massa bangunan yang berfungsi sebagai pengaku bangunan gedung. Biasanya core wall diletakkan pada lubang Lift yang berfungsi sebagai dinding lift sekaligus.




FUNGSI - FUNGSI DINDING GESER





Fungsi utama shear wall / dinding geser berdasarkan ketahanan ada dua, yaitu;

1. Kekuatan

Dinding geser harus memberikan kekuatan lateral yang diperlukan untuk melawan kekuatan gempa horizontal.Ketika dinding geser cukup kuat, mereka akan mentransfer gaya horizontal ini ke elemen berikutnya dalam jalur beban di bawah mereka, seperti dinding geser lainnya, lantai, pondasi dinding, lembaran atau footings.

2. Kekakuan
Dinding geser juga memberikan kekakuan lateral untuk mencegah atap atau lantai di atas dari sisi - goyangan yang berlebihan.Ketika dinding geser cukup kaku, mereka akan mencegah membingkailantai dan atap anggota dari bergerak dari mendukung mereka.Juga, bangunan yang cukup kaku biasanya akan menderita kerusakan kurang nonstruktural






Sementara itu,fungsi dinding geser pada gedung secara umum :
1.Memperkokoh Gedung.
Dengan struktur dinding Beton bertulang, maka Dinding bukan hanya sebagai penyekat ruangan tetapi berfungsi juga sebagai Struktur Bangunan yang ikut memikul gaya-gaya beban yang bekerja pada Balok dan kolom sekitarnya.
2.Meredam Goncangan akibat Gempa.
Secara Geografis Negara kita pada umumnya dan daratan Flores pada khususnya adalah tempat yang sangat rentan terhadap Gempa, Dengan Dinding sistem Shearwall maka gaya gempa yang terjadi akan direduksi, sehingga mampu mengurangi akibat yang terjadi pada bentuk bangunan yang ada.               
3.Mengurangi Biaya Perawatan Gedung.
Dengan semakin Kokohnya Gedung yang menggunakan Shearwall, maka kerusakan-kerusakan yang timbul akibat guncangan Gedung akibat Gempa bisa di minimalisir sehingga akan mengurangi biaya perawatan yang seharusnya dikeluarkan apabila gedung tidak menggunakan jenis dinding ini. 
4.Daya Pikul Beban disekitar dinding mampu ditingkatkan.
Dengan dinding jenis Shearwall maka kemampuan lantai beton diatasnya untuk menerima beban semakin naik, besarnya kekuatan lantai akan berbanding lurus dengan ketebalan shearwall itu sendiri.
5.Umur Pakai Gedung semakin lama.
Apabila suatu gedung memiliki struktur yang kuat,maka sudah pasti gedungtersebut akan tahan terdahap berbagai beban dan guncangan secara struktural yangberarti gedung akan berumur panjang.
 

Letak shear wall pada bangunan gedung sangat tergantung dari beberapa faktor antara lain tingkat simetrisitas bangunan, tinggi bangunan, dan asumsi dari perencana. Penentuan lokasi dan perhitungan shear wall tentu dilakukan oleh perencana struktur dengan dasar-dasar perencanaan yang kuat. Shear wall pada gedung biasanya menggunakan mutu beton di atas Fc 30 Mpa. 


Adapun gambaran langkah pengerjaan shear wall antara lain:
1.Fabrikasi pembesian dinding shear wall. 
2.Pemasangan tulangan vertikal yang dicor bersamaan dengan pelat lantai bawahnya. 
3.Pemasangan tulangan horizontal, ikat dengan bendrat. 
4.Untuk area basement silahkan diberi waterstop untuk mencegah masukknya air. 
5.Pemasangan bekisting pada dua sisi luar. Pada bekisting diusahakan menggunakan asdratuntuk mengunci dua bekisting agar tidak terjadi beton yang bunting. 
6.Cor beton dengan ready mix 
7.Bongkar bekisting
Element shear wall mempunyai pengertian yang hampir sama dengan element struktur lainnya yaitu untuk menahan gaya yang bekerja pada bangunan gedung. Sejauh ini penggunaan shear wall lebih banyak digunakan pada bangunan high rise building karena semakin tinggi bangunan semakin besar gaya gempa yang bekerja.Salah satu contoh bangunan struktural yang memakai dinding geser;



PERKUATAN GEDUNG BUPATI MATIM DENGAN MENGGUNAKAN DINDING GESER









Gedung Kantor Bupati Manggarai Timur, Gedung ini didesain dengan Panjang kurang-lebih 97m dengan lebar kurang-lebih 28m disusun sejumlah 2 lantai. dengan dimensi demikian lebar maka Gedung ini memerlukan Struktur yg cukup kuat, pada beberapa Dinding Gedung ini juga menggunakan sistem Shear Wall, dimana pada 6 titik dinding menggunakan sistem dinding beton bertulang.


Gambar Denah Penempatan Dinding Shearwall pada Gedung Kabup. MATIM 





Foto Penulangan Shearwall
Foto Pemasangan Begisting Shearwall







Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat :) wassalam



4 comments: